::Welcome To My Blog |Jangan Lupa Comment Ya|Tinggalkan Jejak Anda!::

Rabu, 26 Januari 2011

Macam-macam Peralatan Melukis Komik Jepang


Melukis komik merupakan salah satu bentuk seni yang tidak semua orang bisa melakukannya. Pengertian komik adalah sebuah karya cerita yang disajikan dalam bentuk visual, yaitu gambar yang menampilkan adegan-adegan para tokoh cerita tersebut.

Di Indonesia, jenis komik paling populer adalah manga, yaitu komik dari Jepang yang hampir merajai pasaran komik di setiap toko buku. Banyak sekali yang menyukai manga, dan tidak sedikit penggemarnya mencoba menjadi mangaka atau komikus.

Bila Anda termasuk orang yang ingin melukis komik dan membuat manga berkualitas, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang jenis peralatan melukis komik. Di bawah ini akan dijelaskan secara singkat tentang macam-macamnya.


Kertas

Perlengkapan apa yang pertama harus disiapkan dalam melukis komik? Tentu saja sebuah kertas. Para mangaka Jepang biasanya menggunakan manuscript paper atau kertas naskah khusus untuk menggambar komik. Anda bisa menggantinya dengan kertas HVS tebal.



Pensil

Pensil merupakan salah satu peralatan menggambar yang cukup penting. Pensil biasanya digunakan untuk membuat sketsa atau gambar dasar. Anda bisa memakai pensil mekanik atau pensil kayu biasanya. Hal yang cukup penting adalah siapkan pensil dengan ketebalan yang berbeda-beda, misalnya 2B, HB, atau yang lain.


Pena

Bila sketsa telah jadi, Anda bisa melanjutkan melukis komik dengan menggunakan pena. Mangaka dari Jepang umumnya menggunakan beberapa jenis pena di bawah ini.

* Maru pen
Pena untuk melukis komik ini berbentuk seperti pena biasa yang bergagang kayu dengan mata pena yang lancip dari besi. Pena jenis ini biasanya digunakan para mangaka untuk membuat background, misalnya gambar gedung atau pohon.

* G-pen
Untuk melukis karakter tokoh, umumnya mangaka memakai G-pen, pena asli dari Jepang yang tampaknya sulit sekali ditemukan di Indonesia. G-pen ini untuk melukis wajah karakter komik, mulai dari bentuk wajah, mata, atau rambut tokoh komik.

* Drawing pen
Bila Anda kesulitan mendapatkan maru pen atau G-pen, Anda bisa menggantinya dengan drawing pen yang mudah dijumpai di toko alat tulis. Bentuknya seperti spidol namun dengan ujung lancip yang tersedia dengan berbagai ukuran. Agar hasilnya maksimal, pilihlah jenis waterproof.

* Rotring pen
Rotring pen adalah jenis pena yang hampir mirip dengan maru pen namun dijual dengan harga yang lebih murah daripada maru pen.

* McKee pen
McKee pen terdiri dari berbagai warna, biasanya digunakan untuk menggambar komik yang memang memerlukan warna, bukan komik hitam putih. Jenis pena ini biasanya dibuat untuk melukis background komik.

* Fude Pen
Untuk menghitamkan beberapa bagian dalam komik, Anda akan membutuhkan fude pen yang memang memiliki ketebalan bagus untuk melukis komik. Misalnya digunakan untuk menebalkan rambut dari tokoh komik.


Screentone

Screentone adalah istilah untuk latar belakang komik yang umumnya sedikit abstrak (bukan latar belakang berupa bangunan atau pohon). Contohnya adalah gambar langit, bintang, dll. Ada dua cara dalam memberi screentone pada komik.

* Screentone yang ditempel
Di Jepang, banyak sekali screentone tempel yang biasa digunakan oleh mangaka. Di Indonesia sendiri sepertinya masih cukup sulit menemukan benda ini.

* Screentone tempel ini sering digunakan karena relatif mudah dipakai dan mangaka tidak perlu repot-repot melukis latar belakang secara manual. Apalagi ada banyak macam pilihan motif screentone yang bisa dipilih sesuai kebutuhan gambar komik.

* Screentone manual
Menggambar latar belakang yang sedikit abstrak bisa memakai screentone burnisher. Bentuknya seperti pena namun agak kecil dan perlu kemahiran tertentu dalam pemakaiannya. Apabila Anda baru belajar membuat komik, sebaiknya tidak memakai alat ini.


Tinta

Para mangaka Jepang biasanya melukis komik dengan menggunakan tinta, baik tinta putih maupun tinta hitam (tinta cina atau tinta india). Penggunaan tinta ini berfungsi untuk menghitamkan atau memutihkan beberapa bagian pada gambar komik, misalnya background.

Itulah beberapa contoh alat melukis komik yang sering digunakan oleh mangaka di Jepang. Namun Anda harus ingat, pemilihan alat menggambar manga bukanlah yang utama. Modal utama seorang komikus adalah pengetahuan dan kemahiran dalam menggambar komik. Jadi, banyak-banyaklah berlatih untuk menghasilkan bentuk gambar yang sempurna.

0 komentar:

Posting Komentar

Riza's Blog © 2008 Template by:
SkinCorner